ahlussunnah wal jamaah

Wasiat sayyidatina fathimah az zahro


Sayyidina Ali kw Menerima Wasiat

Dari Siti Fathimah ra





Meninggalnya Rosululloh SAW membuat putri tersayangnya Siti Fathimah ra kehilangan gairah untuk lebih lama hidup di dunia. Beliau sangat merindukan untuk lebih cepat bertemu dan berkumpul kembali dengan ayah tercinta.

Beliau sudah tidak kelihatan lagi gembira, dan selalu kelihatan sedih bahkan sering menangis, sehingga badannya semakin kurus.



Kemudian setelah beliau merasakan bahwa ajalnya sudah dekat, maka beliau berwasiat kepada Sayyidina Ali kw, seorang suami tercinta yang selalu menjaga serta menghiburnya.

Ada tiga pesan Siti Fathimah ra yang disampaikan kepada Sayyidina Ali kw.
Yang pertama agar sepeninggalnya nanti, Sayyidina Ali kw dimintanya untuk menikah dengan Umamah binti Al Ash ra, kemanakan Siti Fathimah ra, putri dari Siti Zainab ra saudaranya.

Pilihan ini dikarenakan Umamah ra sudah sering membantunya dalam mengasuh putra putrinya. Sehingga bagi anak anaknya Umamah ra bukan orang yang asing, karena selalu berkumpul.

Mengenai Umamah ra ini, Imam Bukhori ra meriwayatkan, bahwa suatu ketika Rosululloh SAW sholat dengan menggendong cucunya yang masih kecil, yaitu Umamah putri dari Siti Zainab binti Rosulillah SAW. Apabila beliau sujud maka Umamah diletakkan dan saat berdiri beliau gendong lagi..

Itulah Umamah ra yang dipilih oleh Siti Fathimah ra untuk menjadi istri bagi suaminya.



Yang kedua, agar dibuatkan baginya Keranda, sebagaimana yang pernah dicontohkan oleh Asma’ binti Umais ra, dan diatasnya ditutup dengan kain. Sehingga disaat diangkat tidak kelihatan bentuk tubuhnya.

Keranda tersebut dalam sejarah dikenal sebagai Keranda pertama dalam Islam.



Yang ketiga, agar beliau dimakamkan diwaktu malam, dipemakaman umum Baqi’.

Namun beberapa Ulama menolak beliau dimakamkan dimalam hari, sebab untuk apa beliau minta dibuatkan Keranda dan ditutup dengan kain. Hal ini membuktikan bahwa beliau tidak dimakamkan dimalam hari.



Selanjutnya begitu Siti Fathimah ra wafat, semua yang diwasiatkan dipenuhi oleh Imam Ali kw. Satu persatu wasiatnya beliau laksanakan.



Yang pertama dimintanya Asma’ binti Umais ra (Istri Kholifah Abubakar ra.) untuk membuat Keranda, sebagaimana yang dikehendaki oleh Siti Fathimah ra. Kemudian yang memandikan juga Asma’ sesuai dengan wasiat Siti Fathimah ra kepada Asma’. Selanjutnya beliau disholatkan dan dimakamkan di Baqi’. Sesuai dengan yang dikehendaki oleh Siti Fathimah ra.

Wafatnya Siti Fathimah ra ini benar benar merupakan pukulan yang sangat besar bagi Imam Ali kw, sebab baru enam bulan beliau ditinggal oleh Rosululloh SAW, seorang panutan yang sejak kecilnya selalu mengasuh dan membimbingnya.



Beberapa hari kemudian, dalam rangka memenuhi Wasiat istrinya, maka Imam Ali kw menikah dengan Umamah ra, seorang wanita yang menjadi pilihan Siti Fathimah ra, yang bagi putra putri Imam Ali merupakan orang yang sudah lama mereka kenal.



Demikian Wasiat Siti Fathimah ra kepada Imam Ali kw


0 komentar:

Posting Komentar